Tuesday, 6 February 2018

Penyebab Munculnya Bekas Jerawat dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Penyebab Munculnya Bekas Jerawat dan Cara Mencegah Timbulnya Jerawat
Semua wanita ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan mulus. Sayangnya, jerawat masih saja sering muncul. Bahkan tidak jarang musuh kulit wajah yang satu ini pun meninggalkan bekas jerawat dan sulit dihilangkan, padahal cara merawat wajah juga dilakukan. Sudah jatuh tertimpa tangga, mungkin ini pepatah yang tepat untuk menggambarkan kondisi wajah berjerawat.

Bekas jerawat ini bisa disebabkan oleh jerawat itu sendiri. Jenis jerawat yang umumnya meninggalkan bekas ini adalah jerawat jenis “Cyistic Acne”. Cystic Acne ini ialah jerawat yang ukurannya besar dan mengalami peradangan hebat. Jadi secara tampilan jerawat ini terlihat seperti bisul. Inilah yang sering disebut sebagai jerawat batu.

Lebih lengkapnya berikut akan kami informasikan apa saja yang menyebabkan munculnya bekas jerawat pada wajah.

Pemakaian bedak padat

Seperti yang diketahui bahwa bedak padat adalah musuh utama wajah berjerawat. Jadi apabila kamu masih bandel dan tetap memakai bedak padat, maka jangan heran apabila jerawat tersebut sering muncul pada kulit wajah.

Bedak padat ini bisa menyebabkan munculnya bekas jerawat. Alternatifnya adalah menggunakan bedak tabur. Bedak tabur lebih disarankan untuk kulit berminyak atau berjerawat. Bedak tabur memiliki formula kering yang akan berperan menyerap minyak sekaligus mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Terlalu sering menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah ini juga bisa menjadi penyebab munculnya bekas jerawat. Tangan kamu tidak selalu bersih setiap saat. Inilah mengapa wajah menjadi sering berjerawat dan bekasnya sulit dihilangkan. Tangan yang berkeringat atau kotor lalu digunakan untuk menyentuh kulit akan membuat penyembuhan jerawat terhambat dan justru meninggalkan bekas.

Hindari menyentuh wajah terlalu sering. Terutama ketika beraktivitas yang menimbulkan keringat, seperti olahraga.

Konsumsi kacang-kacangan

Makanan yang mengandung protein ini baik untuk kulit dan tubuh. Bahkan kacang-kacangan ini juga bisa diandalkan untuk mengatasi bekas jerawat. Hanya saja, jangan sampai kamu berlebihan mengkonsumsinya karena kacang-kacangan juga bisa menjadi sebab munculnya jerawat dan bekas jerawat.

Pemakaian kosmetik

Tidak semua jenis kosmetik cocok untuk kulit wajah. Terutama kosmetik yang mengandung pewarna, parfum dan bahan kimia lainnya. Bahan ini kemudian mengalami fotosintesis berlebih saat terkena sinar matahari, alhasil kulit menjadi lebih sensitif.

Pada kulit sensitif, jerawat lebih mudah muncul. Bekasnya juga bisa menjadi ancaman baru bagi kamu. Oleh karena itu selektiflah ketika memilih produk kosmetik agar kulit tidak rusak.

Hormon

Dalam tubuh manusia terdapat hormon progesteron dan estrogen. Hormon-hormon inilah yang bisa menyebabkan munculnya bintik hitam dan bekas jerawat. Hormon ini bisa meningkat karena konsumsi pil KB dalam periode waktu yang lama.

Memegang dan memencet jerawat

Tentu kamu sudah sering mendengar bahwa memegang atau memencet jerawat bisa menimbulkan bekas jerawat. Ya, ini memang benar karena jari atau kuku kamu tidak selalu higienis setiap saat. 

Bayangkan jika bakteri dan kuman yang menempel pada kuku dan jari tersebut berpindah ke kulit wajah yang notabene cenderung sensitif dibanding kulit lainnya? Jadi jangan heran jika jerawat tak kunjung kempes dan justru meninggalkan bekas. Untuk itu mulai hentikan kebiasaan ini dan biarkan jerawat kempes dengan sendirinya.

Mencegah Munculnya Jerawat

Selalu ada cara menghilangkan bekas jerawat. Namun tidak ada salahnya apabila kamu juga melakukan upaya pencegahan agar jerawat tidak lagi muncul pada kulit wajah. Berikut adalah cara alami untuk menghindari munculnya jerawat pada wajah.

Penerapan pola hidup sehat

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat agar organ tubuh tetap terjaga. Demikian pula untuk mencegah jerawat, kamu harus menghilangkan kebiasaan begadang. Mengapa begitu? Sebab apabila kamu kurang tidur, maka setiap jamnya dapat meningkatkan stres hingga 15 persen. 

Stres yang meningkat ini bisa menyebabkan munculnya glukokorticoid dan akan merusak struktur dan fungsi kulit. Lakukan olahraga agar stres berkurang dan tubuh lebih rileks sehingga terhindar dari gangguan sulit tidur.

Selektif memilih makanan

Konsumsilah makanan-makanan yang menyehatkan. Salah satunya adalah kacang. Sama seperti yang disebutkan di atas, kacang bisa menjadi penyebab sekaligus menjadi penyembuh jerawat.
Jadi dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan kacang sebagai penyembuh dan juga pencegah. Kandungan asam lemak omega 3 dalam kacang bisa mengurangi inflamasi yang ada di sekitar kelenjar minyak. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi ikan supaya jerawat tidak lagi mampir di wajah.

Menjaga kebersihan kulit

Rutin mencuci wajah dua kali sehari bisa menjadi salah satu langkah untuk menjaga kebersihan kulit. Terutama di malam hari, pastikan kamu mencuci wajah hingga tidak ada keringat, kotoran atau kosmetik yang tertinggal. Jika dibiarkan, maka pori-pori wajah akan tersumbat dan memungkinkan munculnya jerawat.
Produck Harvest Beauty Golds 

Demikianlah ulasan tentang penyebab munculnya bekas jerawat dan upaya yang bisa dilakukan agar jerawat tidak muncul pada wajah. Pastikan kamu juga mengandalkan BEAUTY GOLDS supaya bekas jerawat segera hilang dan kulit wajah bisa bersih serta mulus kembali.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

3 comments:
Write comments
  1. Wah coba diterapkan cara-cara diatas ah, semoga mempan mengatasi jerawat di kulit ku

    ReplyDelete
  2. Kita mememang terkadang lupa untuk menjaga kebersihan wajah

    ReplyDelete
  3. Saya suka banget deh kacang kacangan, kalau diminta stop sama sekali tentu gak bisa

    ReplyDelete