Minggu, 22 Oktober 2017

Penting! Tips Memilih Susu Pertumbuhan Anak Usia 2 Tahun

Bayi Ngedot
Bunda, saat anak baru berusia 0-6 bulan hanya mengkonsumsi ASI secara eksklusif. Karena memang saat bayi usia 0-6 bulan pencernaannya sangatlah sensitif sehingga belum sanggup untuk mencerna makanan lain kecuali ASI dari bunda. Namun ketika bayi sudah berumur lebih dari 6 bulan maka bahan makanan yang dikonsumsi oleh bayi bukan hanya ASI dari bunda tapi harus ditambahi dengan makanan lainnya dengan takaran 70% untuk ASI dan 30% untuk makanan sehat yang menunjang gizi bayi.

Namun ketika bayi sudah berumur 24 bulan atau 2 tahun maka takaran konsumsinya akan berubah pula dengan perbandingan 30% untuk ASI dan 70% untuk makanan lain serta susu formula. Ketika Anak sudah berusia 2 tahun maka bunda harus segera memilih susu pertumbuhan anak 2 tahun yang cocok dan benar untuk anak bunda. Nah kali ini saya akan berbagi informasi terkait cara memilih susu pertumbuhan yang baik dan cocok bagi anak usia 2 tahun sesuai dengan zat-zat yang terkandung dalam susu formula. Simak baik-baik ya.

1. Zat probiotik

Zat ini sangat dibutuhkan oleh anak berusia 2 tahun karena pada usia tersebut anak akan banyak mengkonsumsi makanan padat dan terkadang memasukkan benda-benda yang dipegang ke mulutmya sehingga si kecil akan rentan terhadap bakteri dan virus yang masuk melalui mulutnya.

2. Zat besi

Zat ini dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin pada anak sebagai pembawa oksigen ke otak dan seluruh bagian tubuh anak. Oleh karena itu bunda harus memperhatikan dengan sangat terkait zat besi dalam susu formula karena dampak jika kekurangan zat besi maka dapat mengakibatkan gangguan keterampilan fisik dan mental sang anak.

3. Vitamin D

Fungsi vitamin D untuk anak usia 2 tahun adalah demi membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang anak dan mencegah anak dari penyakit berbahaya seperti autoimun, kardiovaskular serta gangguan pernafasan pada anak usia 2 tahun.

4. Taurin

Zat yang harus diperhatikan lagi ketika memilih susu formula untuk anak 2 tahun adalah taurin. Sebab taurin berfungsi untuk menaikkan absorbsi lemak dalam tubuh anak serta mendukung perkembangan otak si kecil sehingga anak akan tumbuh besar tanpa adanya kekurangan mental sedikitpun.

5. AA dan DHA

Ketika memilih susu untuk anak usia 2 tahun perlu diperhatikan pula kandungan AA dan DHA nya sebab 2 zat tersebut sangatlah baik bagi anak usia 2 tahun. Dalam kedua asam lemak tersebut memiliki manfaat untuk membantu perkembangan fungsi penglihatan dan perkembangan otak sang buah hati.

6. Nukleotida

Zat nukleotida memiliki fungsi dalam pembentukan sesl-sel dalam tubuh terutama pada sistem imun tubuh dan memaksimalkan metabolisme tubuh supaya sang anak tidak mudah terserang penyakit. Maka nukleotida ditambahkan pada susu formula karena pada susu sapi hanya terdapat sedikit zat nukleotida.

Nah itulah zat-zat yang harus benar-benar diperhatikan ketika memilih susu formula untuk menunjang perkembangan sang buah hati. Karena jika sang buah hati kekurangan salah satu zat tersebut maka akan berakibat fatal dalam perkembangannya atau dalam kesehatannya. Jadi bunda di manapun Anda berada harus melihat komposisi dan kandungan dalam bungkus susu formula yang ingin Anda beli apakah sudah lengkap atau belum supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada anak Anda. Namun jika bunda ingin lebih yakin lagi sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar