Rabu, 26 Juli 2017

Berapa Jangka Waktu Yang Tepat Untuk Sewa Rumah, Bulanan Atau Tahunan?

Ilustrasi Rumah Kontrakan

Di era kaum milenial saat ini tidak semua orang bisa dengan mudah membeli dan memiliki tempat tinggal pribadi ataupun properti lainnya. Nilai jual properti yang semakin hari  semakin tinggi dijadikan sebagai alasan yang cukup mendasar bagi mereka yang belum memiliki tempat tinggal pribadi. Sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk sewa kontrakan murah di pusat atau pinggiran kota sebagai tempat tinggal.  Hunian atau tempat tinggal yang nyaman merupakan kebutuhan pokok manusia. Beruntunglah saat ini masih ada banyak masyarakat yang menyewakan propertinya, sehingga bagi mereka yang belum mampu membeli rumah tetap bisa tinggal dalam ruangan yang nyaman.

Sebenarnya ada alasan lain seseorang menyewa properti selain karena belum mampu membeli hunian. Salah satu alasan lainnya adalah mencari hunian yang strategis atau dekat dengan tempat kerja. Ini karena belum tentu hunian tetap mereka bisa menjangkau tempat kerja dengan mudah. Tentu tidak memungkinkan, ketika kita lelah setelah pulang bekerja dan butuh beristirahat untuk mengemudi atau melakukan perjalanan jauh untuk sampai ke rumah.

Rumah kontrakan dapat kita sewa sesuai dengan kebutuhan. Entah itu dari segi lokasi, fasilitas hingga jangka waktu untuk sewa. Tidak sedikit masyarakat yang cukup bingung untuk menentukan tata cara pembayaran saat hendak mengontrak properti. Hal ini juga dialami banyak penyewa lain. Rata-rata mereka bingung memilih antara dua cara pembayaran sewa rumah kontrakan dengan membayar sewa rumah dalam jangka bulanan atau tahunan.

Untung tidaknya sewa rumah bulanan atau tahunan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu segi penghematan atau mobilitas. Berikut penjelasan lebih rincinya mengenai keuntungan dan kerugian yang kamu dapatkan ketika sewa rumah kontrakan bulanan atau tahunan bila dilihat dari segi tersebut.

Segi Penghematan

Cara pembayaran hunian sewa dapat kamu ibaratkan dengan cara membeli baju secara grosiran. Semakin banyak kamu membeli pakaian maka semakin murah pula total harga yang kamu peroleh. kamu pun akan mengalami hal tersebut saat membayar sewa hunian secara tahunan. Umumnya pemilik properti akan memberikan harga yang lebih murah bagi kamu yang sanggup membayar tahunan. Akan ada perbedaan selisih harga yang lumayan dibandingkan ketika kamu memutuskan membayar sewa tiap bulan.

Hanya saja tidak setiap orang memiliki dana yang lumayan besar untuk mengontrak langsung selama setahun. Alasan inilah yang seringkali membuat mereka para penyewa rumah kontrakan memilih untuk menyewa bulanan. Para penyewa yang anggaran terbatas merasa diuntungkan dengan cara pembayaran tiap bulan karena mereka tidak perlu sekaligus mengeluarkan dana besar untuk hunian sewa. Padahal bila dihitung dan diperkirakan total biaya sewanya, memilih pembayaran bulanan tentu lebih mahal dibandingkan dengan pembayaran tahunan.

Segi  Mobilitas

Kamu sebaiknya melakukan pembayaran hunian sewa secara bulanan jika memiliki mobilitas tinggi. Contohnya jika kamu hanya perlu tinggal untuk beberapa bulan di suatu daerah karena ada tugas ataupun keperluan tertentu. Memilih sistem pembayaran rumah kontrakan bulanan merupakan pilihan yang pas untuk kamu yang masih sering berpindah – pindah tempat dan tidak bisa menetap dalam waktu satu tahun. Hal ini karena tidak aka nada masa sewa yang sia – sia. Sia-sia yang dimaksud ialah ketika kamu harus meninggalkan unit sewaan padahal masa sewa belum berakhir. Kerugian inilah yang biasanya menimpa penyewa yang membayar secara tahunan. Baru menempati rumah selama 3 hingga 4 bulan namun harus terpaksa pindah karena suatu hal ke tempat baru.

Kerugian seperti itu tidak akan menimpa kamu yang membayar unit sewa secara bulanan. kamu bisa bebas meninggalkan properti sewaan tanpa harus menanggung rugi karena masa sewa masih tersisa banyak. Kamu tidak perlu merasa saying akan hal tersebut untuk pindah ke tempat baru. Alasan inilah yang membuat metode pembayaran secara bulanan pas bagi kamu yang bermobilitas tinggi.

Baik mau membayar secara tahunan atau bulanan memiliki untung dan ruginya masing-masing. Semua itu bergantung sudut pandang yang kamu gunakan. kamu bisa lebih untung membayar secara tahunan jika ingin berhemat dan akan tinggal lama di hunian tersebut. Sebaliknya jika kamu bermobilitas tinggi dan sering berpindah, lakukan saja pembayaran sewa secara bulanan. Tentukan keputusan membayar rumah kontrakan murah berdasarkan kebutuhan dan keperluanmu. Pertimbangkan dengan matang agar keputusan yang kamu ambil tidak menimbulkan resiko atau kemungkinan buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Pilih tempat tinggal yang sesuai dengan kemampuanmu. Hindari memaksakan diri untuk menyewa rumah kontrakan yang terlalu mahal atau terlalu memberatkanmu. Bila kamu belum memiliki tempat tinggal tetap, selama mengontrak cobalah untuk menabung mengumpulkan uang sedikit – demi sedikit untuk membayar uang DP. Kamu bisa membeli rumah bersubsidi atau melalui sistem pembayaran KPR agar lebih ringan dan tidak membebanimu setiap bulan. Jangan menunda untuk membeli rumah. Nilai jual properti selalu mengalami kenaikan, jangan sampai hilang kesempatan untuk membeli rumah dengan harga terjangkau.

Tidak ada komentar:
Write komentar