Minggu, 14 Mei 2017

Tips Melindungi Laptop Dari Virus RansomWare WannaCrypt


Viagrabri.net – sebenarnya laptop yang pembac miliki sekarang tanpa disadari memiliki beberapa masalah yang sangat mendasar. Tapi masalah yang sangat sering terjadi di lapangan sebagian besar disebabkan oleh serangan dari berbagai macam virus di computer ataupun laptop anda. Hal yang sangat mendasar laptop dan computer anda terjangkit suatu virus adalah disebabkan oleh sistem operasional dari laptop dan computer yang memiliki fitur wifi. Karena fasilitas internet inilah yang menjadi penyebab masuknya serangan virus ke laptop dan computer anda.

Sebenarnya membersihkan laptop dari virus bukan pekerjaan yang mudah seperti halnya membersihkan virus yang terpampang di desktop laptop. Tapi jangan dibuat susah. Karena sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan virus atau mencegah terjangkit dari virus.

Bagi yang laptopnya sudah terlanjur terjangkit virus, ada beberapa cara untuk menghilangkan virus dari laptop anda. Dengan demikian anda harusnya lebih sadar bahwa melindungi laptop dari serangan virus lebih baik dari pada menghilangkan virus ketika laptop anda sudah terinfeksi. Terlebih lagi baru-baru ini mencuat satu virus yang sangat membahayakan bagi laptop yakni virus ransomware WannaCrypt yang biasa disebut wannacry, virus yang mengunci semua file yang ada di laptop atau bisa disingkat dengan membajak data pemilik laptop, dan mengharuskan pemilik laptop untuk menebus sejumlah uang untuk meng-unlock file di laptop yang sudah terjangkit virus ini. Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melindungi laptop dari serangan virus yang mengancam laptop anda.

Pertama, gunakanlah beberapa software antivirus yang sudah terbukti kemampuannya dalam menangkal serangan virus pada laptop. Untuk mendapatkannya anda tal perlu bersusah payah mencarinya. Cukup buka internet cari antivirus yang anda inginkan, tinggal download lalu install software yang anda pilih tersebut. Maka software tersebut akan otomatis aktif memproteksi laptop anda dari serangan virus.

Kedua, usahakan system operasi yang ada di laptop anda dalam keadaan terupdate. Hal ini dikarenakan semua keamanan yang telah dibangun pasti memliki celah untuk diterobos oleh para hacker yang berpotensi memasukan virus ke dalam system laptop anda. Sehingga jika keadaan system dalam laptop anda tidak dalam keadaan terupdate maka akan semakin mudah dan leluasa hacker memasukan banyak virus ke dalam laptop anda. Dan jika hal tersebut dibiarkan saja berlarut-larut maka kemungkinan besar laptop anda akan segera rusak.

Ketiga, tips ketiga ini saya khususkan untuk mencegah virus yang sangat berbahaya yakni virus ransomware WannaCrypt yang membajak data pemilik laptop. Langkah pertama yang harus anda pastikan sebelum membuka dan menyalakan laptop anda adalahmatikan jaringan internet, wifi atau hotspot dan jangan lupa cabut koneksi kabel internet. Lalu segera lakukan back up data dan pastikan semua data terbeck up ke storage terpisah. Kemudian baru anda dibolehkan menyalakan kembali jaringan internet anda dan pastikan software antivirus anda dalam keadaan terupdate.

Mudah bukan menjaga laptop dari serangan virus-virus laptop yang mengintai, pastikan anda melakukan instruksi diatas sehingga laptop anda aman dari serangan virus. Sedikit himbauan bagi para pemakai laptop besok hari senin pastikan sebelum anda menyalakan laptop anda lakukan tips ketiga supaya terhindar dari virus Ransomware WannaCrypt. Silahkan mencoba.

1 komentar:
Write komentar
  1. untung kemaren ga ikutan dihampiri sama wannacry ya, makasih infonya gan

    BalasHapus