Rabu, 17 Mei 2017

Guru Yang Tampar Murid Akibat Abaikan Perintah


Baru baru ini dunia media social dikagetkan dengan sebuah visio berdurasi 28 detik yang menampilkan adegan penamparan guru kepada beberapa  muridnya di depan kelas ketika pelajaran. Dalam video itu guru yang bernama Veronica lalamahu itu menampar empat mruidnya di depan teman-teman kelasnya.

Video amatir itu menjadi viral di media social. Banyak yang bertanya-tanya atas dasar apa sang guru menampar keempat muridnya di depan kelas? Usut punya usut ternyata ke empat murid ini tidak menghirauiak perintah sang guru saat mengikuti jam pelajarannya. Saat itu diceritakan bahwa ibu guru memanggil sepuluh muridnya untuk mengikuti materi pelajaran yang Ia ampu. Namun para murid itu malah mencuekinya, sikap itulah yang membuat ibu veronica sekalu guru naik darah dan melakukan hukuman yang dianggapnya sebanding dengan perlakuan murid-muridnya kepadanya yakni menamparnya di depan kelas.

Hal inilah yang menjadi viral di dunia maya. Sikap guru yang kasar kepada muridnya tentu mencoreng nama baik seorang guru, guru yang dielu-elukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang seharusnya memberikan bimbingan kepada anak didiknya dengan arif dan bijak malah digambarkan dalam video itu guru yang sadis, seolah-olah hanya cara kekerasan saja yang ampuh untuk menangani perilaku buruk peserta didikdi zaman ini.

Sungguh amat disayangkan perilaku guru ini. Disatu sisi memang memiliki niat yang amat baik yakni menginginkan muridnya menjadi disiplin, memberikan contoh kepada teman sekelasnya supaya tidak melanggar dan tidak meremehkan gurunya. Tapi di sisi lain hukuman seperti itu tidak pantas diberikan kepada mrid oleh seorang guru yang seharusnya sebagai guru Ia harus mengayomi anakdidiknya.

Dari video ini marilah kita ambil hikmah dan pelajaran khususnya bagi guru-guru dan mahasiswa-mahasiswi yang kelak menjadi seorang guru, sehingga hal-hal yang semacam ini tidak terulang kembali apalagi sampai terekspos ke dunia maya. Tentunya akan membuat image guru menjadi buruk di mata masyarakat.

Tidak lupa pula bagi para murid juga jangan hanya melihat sisi buruk guru di dalam video tersebut, seorang guru tak akan menghukum muridnya jika muridnya tidak bersalah begitupun sebaliknya. Hormatilah gurumu!! karena guru berperan sebagai orang tuamu ketika di sekolahan. Jadi taatlah kepada gurumu selama perintahnya terpuji.

Jadilah generasi bangsa yang cerdas serta berakhlak mulia, Negara ini membutuhkan pemuda-pemudi yang jujur, cerdas dan kritis sebagai penerus bangsa yang besar ini.

1 komentar:
Write komentar
  1. kalo menurut sy pribadi sih seorang guru tidak mungkin melakukan hal buruk seperti itu kalau dari siswanya sendiri tidak keterlaluan melanggar peraturan yang sudah ditetapkan

    BalasHapus